Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer Di Windows 10
Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer Di Windows 10

Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer Di Windows 10

Kelebihan Menggunakan Windows Photo Viewer di Windows 10

Windows Photo Viewer adalah aplikasi yang sangat populer untuk melihat foto dan memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya layak dipertimbangkan sebagai aplikasi default di Windows 10.

Pertama-tama, Windows Photo Viewer menawarkan kualitas tampilan foto yang baik. Aplikasi ini mampu menampilkan foto dengan resolusi tinggi secara jelas dan detail, sehingga Anda dapat melihat setiap detail foto dengan jelas.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur dasar yang berguna untuk pengelolaan koleksi foto Anda. Anda dapat menggunakan fitur zoom untuk memperbesar atau memperkecil foto, fitur putar untuk memutar foto dalam berbagai sudut, dan fitur tampilan slide untuk melihat koleksi foto secara berurutan.

Antarmuka Windows Photo Viewer juga sangat intuitif dan mudah digunakan. Anda dapat dengan mudah mengakses semua fitur yang disediakan melalui menu utama atau menggunakan pintasan keyboard yang sederhana. Dengan begitu, Anda dapat melihat foto Anda dengan nyaman dan tanpa hambatan.

Tidak hanya itu, Windows Photo Viewer juga memiliki kemampuan untuk membuka berbagai jenis file gambar. Aplikasi ini mendukung berbagai format file seperti .jpg, .png, .tif, dan banyak lagi. Anda tidak perlu khawatir tentang format file foto Anda karena Windows Photo Viewer dapat dengan mudah mengakses dan menampilkan semua jenis file gambar.

Selain itu, aplikasi ini memiliki ukuran file yang relatif kecil, jadi tidak akan membebani kinerja sistem Anda. Anda dapat dengan mudah menginstal dan menggunakan aplikasi ini tanpa khawatir tentang keterbatasan ruang penyimpanan atau kinerja komputer Anda.

Jadi, jika Anda menginginkan pengalaman melihat foto yang sederhana namun efisien, Windows Photo Viewer adalah pilihan yang tepat. Anda dapat dengan mudah mengakses dan mengelola koleksi foto Anda dengan menggunakan aplikasi ini di Windows 10.

Dengan menggunakan Windows Photo Viewer, Anda dapat menikmati pengalaman melihat foto yang berkualitas, fitur-fitur yang berguna, antarmuka yang intuitif, dan kemampuan untuk membuka berbagai jenis file gambar. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10 Anda!

Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer Menggunakan Registry Editor

Satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10 adalah melalui Registry Editor. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat dengan mudah mengatur kembali Windows Photo Viewer sebagai aplikasi default untuk melihat foto-foto Anda.

Langkah 1: Buka Registry Editor

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Registry Editor. Caranya sangat mudah, pertama tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka jendela “Run”. Setelah itu, ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) di kotak dialog yang muncul dan tekan tombol Enter.

Langkah 2: Navigasi ke Lokasi yang Tepat

Setelah membuka Registry Editor, langkah berikutnya adalah menavigasi ke lokasi yang tepat di dalamnya. Caranya, ikuti jalur berikut di dalam Registry Editor:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Photo Viewer\Capabilities\FileAssociations

Pada lokasi ini, Anda akan menemukan beberapa kunci dengan ekstensi file yang berbeda seperti .jpg, .png, .tif, dan sebagainya.

Langkah 3: Ubah Nilai Default untuk Setiap Kunci Ekstensi File

Untuk mengembalikan Windows Photo Viewer, Anda perlu mengubah nilai default dari setiap kunci ekstensi file yang ada di lokasi tersebut. Caranya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada kunci pertama (misalnya .jpg) dan pilih “Modify” dari menu yang muncul.
  2. Pada jendela “Edit String” yang muncul, temukan kolom “Value data”. Di kolom ini, masukkan nilai “PhotoViewer.FileAssoc.Tiff” (tanpa tanda kutip).
  3. Setelah itu, klik “OK” untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.
  4. Ulangi langkah-langkah ini untuk setiap kunci ekstensi file yang ada di lokasi tersebut, yaitu .png, .tif, dan ekstensi file lainnya.

Langkah 4: Menikmati Kembali Windows Photo Viewer

Setelah Anda mengubah nilai default dari setiap kunci ekstensi file, Anda bisa menutup Registry Editor. Sekarang, cobalah membuka foto menggunakan Windows Explorer, dan Anda akan melihat Windows Photo Viewer kembali sebagai aplikasi default untuk melihat foto-foto Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10. Anda akan dapat menikmati pengalaman melihat foto yang sederhana dan nyaman dengan menggunakan Windows Photo Viewer seperti sebelumnya.

Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer dengan Aplikasi Alternatif

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan Registry Editor atau sedang mencari alternatif lain untuk mengembalikan Windows Photo Viewer, dapat mempertimbangkan penggunaan aplikasi foto pihak ketiga. Terdapat beberapa pilihan aplikasi foto populer yang dapat diunduh dan diinstal di Windows 10, menyediakan pengalaman melihat foto yang serupa dengan Windows Photo Viewer. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda pertimbangkan:

1. IrfanView

IrfanView adalah salah satu aplikasi foto gratis yang cukup populer di kalangan pengguna Windows. Selain kemampuannya untuk melihat foto, IrfanView juga menawarkan berbagai fitur lain seperti pengeditan dasar dan konversi format file. Aplikasi ini mendukung berbagai jenis file gambar, termasuk .jpg, .png, .tif, dan lainnya. Dengan tampilan yang sederhana dan antarmuka yang mudah digunakan, IrfanView dapat menjadi pengganti yang baik untuk Windows Photo Viewer.

2. FastStone Image Viewer

FastStone Image Viewer merupakan aplikasi foto gratis yang juga cukup populer di kalangan pengguna Windows. Selain menampilkan foto dengan tampilan yang sederhana, aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti tampilan slide dan pengeditan dasar. FastStone Image Viewer mendukung berbagai jenis file gambar dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur dan melihat koleksi foto mereka. Jika Anda mencari alternatif untuk Windows Photo Viewer dengan lebih banyak fitur, FastStone Image Viewer dapat menjadi pilihan yang tepat.

3. XnView

XnView adalah aplikasi foto lain yang cukup populer di dunia digital. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap dan dapat membuka berbagai jenis file gambar. Selain tampilan foto yang sederhana, XnView juga menawarkan fitur-fitur seperti tampilan slide, konversi batch, dan pengeditan dasar. Dengan antarmuka yang intuitif dan kemampuannya untuk memproses berbagai format file, XnView dapat menjadi alternatif yang baik untuk Windows Photo Viewer di Windows 10.

Dengan menggunakan salah satu dari aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengelola koleksi foto Anda di Windows 10 dengan tampilan yang sederhana dan nyaman seperti yang ditawarkan oleh Windows Photo Viewer.

Baca juga :  Solusi Jika System Restore Windows 10 Tidak Berfungsi

Memilih aplikasi foto yang tepat untuk menggantikan Windows Photo Viewer dapat memberikan Anda pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, pilihlah aplikasi yang paling cocok untuk Anda dan nikmati pengalaman melihat foto yang nyaman di Windows 10!

Tabel Perbandingan Fitur Aplikasi Foto

Berikut adalah tabel perbandingan fitur dari beberapa aplikasi foto populer yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif untuk Windows Photo Viewer di Windows 10:

Aplikasi Foto Tampilan Foto Pengeditan Dasar Konversi Format File Slideshow
IrfanView Menampilkan foto dengan baik Fitur pengeditan dasar yang lengkap Tidak tersedia Tidak tersedia
FastStone Image Viewer Menampilkan foto dengan baik Fitur pengeditan dasar yang lengkap Tidak tersedia Slideshow dengan fitur yang baik
XnView Menampilkan foto dengan baik Fitur pengeditan dasar yang lengkap Fitur konversi format file yang baik Slideshow dengan fitur yang baik

Sumber: Penelitian Sendiri (2021)

Tabel di atas memberikan perbandingan fitur dari aplikasi foto IrfanView, FastStone Image Viewer, dan XnView. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk melihat, mengedit, dan mengelola koleksi foto Anda di Windows 10.

IrfanView merupakan aplikasi foto gratis yang sangat populer. Selain menyajikan tampilan foto dengan baik, IrfanView juga dilengkapi dengan fitur pengeditan dasar yang lengkap, sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian kecil pada foto-foto Anda.

Sementara itu, FastStone Image Viewer juga merupakan alternatif menarik dengan tampilan foto yang baik. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur slideshow yang memungkinkan Anda untuk melihat foto-foto dalam bentuk presentasi.

Terakhir, XnView adalah aplikasi foto yang memiliki fitur yang lengkap. Selain dapat menampilkan foto dengan baik, XnView memiliki fitur pengeditan dasar yang memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian yang lebih lanjut pada foto-foto Anda. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur konversi format file yang memudahkan Anda untuk mengubah format file foto sesuai kebutuhan.

Dalam memilih aplikasi foto, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda hanya membutuhkan aplikasi yang sederhana untuk melihat foto, Anda mungkin akan puas dengan IrfanView atau FastStone Image Viewer. Namun, jika Anda memerlukan fitur pengeditan yang lebih lengkap dan konversi format file, XnView bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Jadi, pilihlah aplikasi foto yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati pengalaman melihat, mengedit, dan mengelola koleksi foto Anda dengan nyaman di Windows 10!

Pertanyaan Umum tentang Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10

1. Apakah Windows Photo Viewer masih tersedia di Windows 10?

Tidak, Windows Photo Viewer tidak lagi tersedia sebagai aplikasi default di Windows 10. Namun, Anda masih dapat mengembalikannya menggunakan metode yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Apakah saya perlu mengunduh Windows Photo Viewer?

Tidak, Anda tidak perlu mengunduh Windows Photo Viewer karena aplikasi ini masih ada di dalam sistem operasi Windows 10. Hanya perlu melakukan pengaturan ulang nilai default pada Registry Editor.

3. Apakah mengubah Registry Editor berbahaya?

Mengubah Registry Editor berpotensi berbahaya jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti atau mencari bantuan dari sumber terpercaya.

4. Bisakah saya mengembalikan Windows Photo Viewer setelah menginstal aplikasi lain?

Tentu saja! Anda masih dapat mengembalikan Windows Photo Viewer setelah menginstal aplikasi foto lain. Caranya adalah dengan mengatur ulang nilai default pada Registry Editor sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

5. Mengapa Windows 10 tidak lagi menggunakan Windows Photo Viewer sebagai aplikasi default?

Windows 10 memperkenalkan aplikasi “Foto” sebagai pengganti Windows Photo Viewer. Aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan integrasi yang lebih baik dengan layanan Microsoft.

6. Apakah ada aplikasi foto alternatif lain untuk Windows 10 selain yang disebutkan di atas?

Tentu saja! Selain Google Photos, Adobe Photoshop Express, dan Microsoft Photos, terdapat banyak aplikasi foto alternatif lain yang tersedia untuk Windows 10. Beberapa pilihan populer lainnya antara lain Adobe Lightroom, GIMP, dan Paint.NET.

7. Apakah aplikasi foto pihak ketiga dapat menjadi aplikasi default di Windows 10?

Ya, Anda dapat mengatur aplikasi foto pihak ketiga sebagai aplikasi default di Windows 10. Caranya adalah dengan membuka “Pengaturan”, memilih “Aplikasi”, dan kemudian memilih “Aplikasi default”. Di sana, Anda dapat memilih aplikasi foto pihak ketiga yang ingin digunakan sebagai aplikasi default untuk melihat foto.

8. Apakah aplikasi foto pihak ketiga gratis?

Banyak aplikasi foto pihak ketiga yang tersedia secara gratis. Namun, beberapa aplikasi mungkin juga menawarkan versi berbayar dengan fitur-fitur tambahan. Pastikan untuk membaca ulasan dan informasi lebih lanjut tentang aplikasi sebelum mengunduhnya.

9. Apakah aplikasi foto pihak ketiga dapat membuka semua jenis file gambar?

Sebagian besar aplikasi foto pihak ketiga dapat membuka berbagai jenis file gambar, termasuk .jpg, .png, .tif, dan lainnya. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi mungkin memiliki batasan dalam hal format file yang didukung.

10. Bagaimana cara menghapus aplikasi foto pihak ketiga?

Untuk menghapus aplikasi foto pihak ketiga, Anda dapat membuka “Pengaturan”, memilih “Aplikasi”, dan kemudian memilih aplikasi yang ingin dihapus. Setelah itu, klik “Uninstall” untuk menghapus aplikasi.

Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum di atas, Anda diharapkan dapat dengan mudah mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10 atau memilih aplikasi foto alternatif yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk menjelajahi berbagai pilihan aplikasi foto yang tersedia dan temukan yang paling cocok untuk Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10. Meskipun tidak lagi disediakan sebagai aplikasi default, Anda masih dapat menggunakan Windows Photo Viewer dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan.

Sekarang, Anda dapat menikmati pengalaman melihat foto yang sederhana dan nyaman di Windows 10. Namun, jika Anda ingin mencari alternatif lain, ada beberapa aplikasi foto pihak ketiga yang dapat Anda gunakan sebagai pengganti, seperti IrfanView, FastStone Image Viewer, atau XnView. Aplikasi-aplikasi ini juga menawarkan tampilan yang sederhana dan fitur-fitur yang dapat membantu Anda melihat dan mengelola koleksi foto Anda.

Windows Photo Viewer adalah pilihan yang tepat jika Anda menyukai antarmuka yang intuitif dan fitur dasar yang lengkap, seperti zoom, putar, dan tampilan slide. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menjelajahi foto-foto Anda dengan kualitas yang baik.

Jadi, jangan biarkan kehilangan Windows Photo Viewer menghalangi Anda untuk menikmati momen-momen berharga dengan foto-foto Anda. Ikuti panduan ini dan kembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10 Anda!

Selamat menikmati pengalaman melihat foto yang nyaman dan sederhana di Windows 10. Jika Anda ingin mencari informasi lebih lanjut tentang Windows 10 dan tips-tips menarik lainnya, jangan ragu untuk menjelajahi artikel-artikel kami lainnya.

Ingatlah bahwa penting untuk mengelola dan melindungi koleksi foto Anda dengan bijak. Pastikan Anda membuat salinan cadangan foto-foto Anda secara teratur dan menghindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat dengan aman menggunakan Windows Photo Viewer atau aplikasi foto pihak ketiga yang Anda pilih.